Dauzo


Senin, 15 November 2010

KEBUDAYAAN

Pengertian wujud kebudayaan adalah Kebudayaan mempunyai paling sedikit tiga wujud, yaitu:

1. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks dari ide-ide, gagasan, nilai-nilai, norma-norma, peraturan dan sebagainya. Wujud kebudayaan ini bersifat abstrak.

2. Wujud kebudayaan sebagai suatu kompleks aktivitas kelakuan berpola dari manusia dalam masyarakat. bersifat konkret dan dapat diobservasi serta didokumentasi.

3. Wujud kebudayaan sebagai benda-benda hasil karya manusia. Wujud ketiga dari kebudayaan disebut sebagai kebudayaan fisik, dan memerlukan keterangan banyak, karena merupakan seluruh isi total dari hasil fisik dari aktivitas, perbuatan dan karya semua manusia dalam masyarakat, maka sifatnya paling konkret dan berupa benda-benda yang dapat difoto, diraba dan diobservasi.

2. Tujuh unsure kebudayaan yaitu :

(1) sistem bahasa,

(2) sistem peralatan hidup dan teknologi,

(3) sistem ekonomi dan mata pencaharian hidup,

(4) sistem kemasyarakatan dan organisasi sosial,

(5) ilmu pengetahuan,

(6) kesenian,

(7) dan sistem kepercayaan atau agama.

Dari ke 7 ini merupakan hal-hal yang sering kita temui di setiap tempat. 7 unsur ini sangatlah berpengaruh untuk kita karena 7 insur ini mengandung adat istiadat kita dalam berkunjung ke suatu tempat yang kita datangi. Terutama bila ke daerah-daerah yang mempunyai bahasa dan adat yang berbeda kita harus bisa bersosialisasi ke semuanya dan harus saling menghargai antar sesama.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar